•    Oleh Sjachrul Firdaus -  LSP ATDA / Jan-2012

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk Travel Agent berada dibawah ruang lingkup  Pariwisata.  SKKNI tersebut diambil dari standar kompetensi yang diterapkan di Australia dan disesuaikan dengan praktek bisnis di Indonesia. SKKNI tersebut disahkan pada tahun 2002, dan telah dikonvensikan oleh Kementrian Kebudayaan & Pariwisata pada tahun 2009. Akan tetapi aplikasinya untuk travel agent hingga hari ini masih belum diterapkan secara professional dan efektif, dimana masih ditemukan Kriteria Unjuk Kerja yang sudah tidak dapat diaplikasikan lagi.  

Standard kompetensi yang benar dan terkini yang dapat diaplikasikan hanya dapat disusun oleh para ahli dan praktisi dari industrynya. Untuk itu ASTINDO membentuk Dewan Pakar Ticketing  yang beranggotakan para ahli  dan praktisi yang terkait dengan industry travel agent, khususnya bidang ticketing. Selain berperan sebagai “komite skema”, dewan pakar juga sebagai representasi industridalam menyusun; memperbaharui dan menetapkan standard kompetensi yang akurat bagi industry travel agent.

Susunan dewan pakar ticketing yang terseleksi dan telah diangkat oleh DPN ASTINDO adalah :

1.    Sjachrul Firdaus – LSP ATDA,  Koordinator
2.    Subagiyo – SDM ASTINDO,  Wakil Koordinator
3.    Tetty Ariyanto – LSP ATDA, Sekertaris
4.    Martini Dermawan – Indo Tour,  Anggota
5.    Sudarmi – Garuda Indonesia / Asyst,  Anggota
6.    Pujiati Sundojo – Anta Tour,  Anggota
7.    Dian W Ridwan – Vayatour,  Anggota
8.    Dyonnisia – Mitra Tours & Travel,  Anggota
9.    Carolina Supusepa – Pantravel, Anggota
10.    Yvone Dendeng  - Vaya & Anta, Anggota
11.    Riswana Bachtiar – Air Wisata Tours & Travel, Anggota

Sejak dibentuknya Dewan Pakar Ticketing ASTINDO pada bulan Agustus 2011 yang juga sebagi program kerja bidang SDM ASTINDO ini, telah menghasilkan temuan-temuan yang sangat konstruktif terhadap masa depan industry travel agent, diantaranya :

•    Penetapan klasifikasi jabatan Ticketing
•    Job competency profesi sesuai jabatan profesi Ticketing

Semoga dengan keberadaan dewan pakar ASTINDO, industry travel agent di Indonesia mendapat pengakuan professional dari industry lainnya, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Ast-SF 03-01/2012